Kamis, 05 Januari 2012

Harry Potter vs Twilight











Harry Potter VS Twilight

Harry Potter dan Twilight mungkin mendominasi dunia hiburan dan sastra jaman sekarang.  Tapi kenapa gw lebih suka Harry Potter?  Gw akuin kalo Harry Potter tuh gak sempurna, tapi HarPot masih mending daripada Twilight.

1.      Harpot walaupun lebih tebal, ia masih bisa mendorong anak-anak untuk membaca lagi.
2.      Romance di HarPot cocok untuk segala usia, paling mentok pas ciuman doang.
3.      Gak Cuma menceritakan kisah cinta terlarang, tapi kesetiaan, persahabatan, cinta antara anak dan ibu, dll.
4.      Di film acting pemain Harpot lebih bagus dan lebih ekspresif, di Twilight si Kristen Stewart dan Robert Pattinson terlalu kaku. Pattinson sendiri mengaku lebih baik memerankan Cedric di Harpot daripada Edward di Twilight.
5.      Bella (Twilight) tidak pantas untuk menjadi role model bagi wanita manapun karena ia sempat mengkhianati Edward, dan sekali ditinggal Edward langsung putus asa dan tidak berdaya.  Harusnya wanita tegar dan kuat ditinggal pacar.
6.      Hermione sebagai lead woman di Harpot mencerminkan bahwa pacar bukan segala-galanya dan bisa bertahan ditinggal pacar.  Ia juga tidak cantik sehingga mencerminkan fairytale can be imperfect.
7.      Harry Potter di buku juga digambarkan kurus dan berkaca mata, juga menggambarkan bahwa tidak semua pahlawan harus sempurna.
8.      Twilight terlalu mudah ditebak.  Saat Bella harus memilih antara Jacob dan Edward pasti sudah ketahuan ia akan memilih Edward.  Sedangkan Harpot walaupun juga mudah ditebak seperti sang pahlawan pastilah yang menang, ada juga bagian yang bikin nganga sepert kisah cinta antara Snape & Lily, orangtua Neville yang ternyata gila, kematian Fred, Draco menikah Astoria, dll.
9.      Istilah sihir seperti  muggle, squib, dan lainnya diambil dari kata asing yang berkaitan.
10.  Alur Twilight mirip novel “Dracula” karya Bram Stoker

Tapi, harus gw akuin Harpot juga ada jeleknya seperti :
a.       
Bua. Bukunya ketebalan
b.  b.    Kisah penjahat & pahlawan mudah ditebak 
c. c. Ada beberapa part tidak penting

1 komentar: