Jumat, 16 Maret 2012

Review dan Sinopsis Only You / Always



Ini dia film yang gue tunggu-tunggu, karena gue penggemar So Ji Sub dan Han Hyo Joo.  Dari poster dan judul emang sih ini kelihatannya film yang akan berakhir sedih.  But we can't judge a book by the cover right? :p

Jang Chul Min (So Ji Sub) adalah mantan petinju.  Sekarang ia berumur 30 tahun dan bekerja jadi... (gue gak tahu pekerjaannya apaan) dia kayak satpam lah, jagain sebuah toko tapi khusus pas malam.  Sedangkan Ha Jung Hwa (Han Hyo Joo) adalah operator buta yang dekat dengan seorang kakek.  Kakek ini tadinya yang jaga toko itu, tapi digantiin Chul Min.  Kebiasaan si kakek dengan Jung Hwa adalah nonton drama Korea lama, tapi Chul Min memperbolehkan Jung Hwa untuk nonton bersamanya.

Seperti biasa, mereka berdua menjadi dekat dan pacaran. Terus si Chul Min ngasih anjing namanya Ding Ga.


Masa lalu Chul Min ini suram banget.  Dia yatim piatu.  Setelah ia berhenti jadi petinju, dia jadi debt collector.  Yang membuat dia bertobat adalah, saat salah satu orang yang ditagihnya mencoba untuk bunuh diri dengan membakar dirinya sendiri.  Yang dia tidak tahu di hari orang yang dia tagih bunuh diri, kan ada kecelakaan mobil.  Ternyata mobil yang mengalami kecelakaan itu mobilnya Jung Hwa sama keluarganya.  Itu juga penyebab kenapa Jung Hwa bisa buta dan kenapa orangtuanya meninggal.

Suatu hari, dokter kasih tahu Chul Min kalau Jung Hwa gak dioperasi dalam waktu sebulan, ada kemungkinan dia buta selamanya.  Karena Chul Min cinta sama Jung Hwa, dia kayak ikut semacam tinju supaya dapet bayaran lebih.  Tapi agak berbahaya gitu, jadinya dia gak pernah ngasih tahu nama aslinya ke Jung Hwa,  cuma nama baptisnya yaitu Marcelino Jang.  Setelah Jung Hwa berhasil melihat, dia berusaha nyari Chul Min, tapi dia gak punya fotonya dan gak tahu nama aslinya.  Terus, kenapa Chul Min bisa gak ada disisi Jung Hwa?

Makanya, nonton filmnya! :P

Banyak kekurangan dalam alur cerita sih, karena jalannya cepat-lambat.  Maksud gue, mereka terlalu cepat jatuh cinta dan cepat ditebak, tapi lambat karena kelihatannya adegannya gitu-gitu aja.  Terus pas pertama-tamanya terlalu lambat.  Kan biasanya film dari satu adegan ke adegan lain 2 tahun kemudian, 2 hari kemudian, atau semacamnya, ini enggak.  Jadi ada 3 hari dimana Jung Hwa sama Chul Min nonton bareng-bareng, makanya lambat banget pas pertamanya.  Ngerti gak?

Gue juga pengen tokoh-tokoh di film ini karakteristiknya lebih diperdalam.  Kenapa Chul Min bisa dingin begitu?  Kenapa Jung Hwa bisa ceria?  Ini jadi tidak terjawab, padahal itu yang bikin gue penasaran.  Juga agak tidak logis, harusnya Jung Hwa yang dingin karena dia buta..  Film ini pas bagian Chul Min ikut tinju agak di slow motion, jadi lebay.  Padahal itu bukan inti filmnya.  Terus ini juga jadi empty plot karena gak ada pesan dan kesan yang di dapat dari film ini.  Jadi apa point ceritanya, amanatnya?  Gak ada.  Belum lagi alur yang membosankan.

Terus seperti biasa, yang menyelamatkan film ini adalah akting So Ji Sub dan Han Hyo Joo.  Gue juga suka cara kameramennya ngambil gambar filmnya.  Pokoknya disini Han Hyo aktingnya jauh lebih baik daripada Heaven's Postman sama Shining Inheritance. Han Hyo Joo berhasil membawakan emosi lewat matanya.  Sedangkan gue agak kecewa sama So Ji Sub, disini Ji Sub kok dingin ya?  Hampir emotionless.  Matanya juga gak membawakan emosi.  6,8/10



Abang 'Cha Moo Hyuk' alias So Ji Sub


Han Hyo Joo unni



Tidak ada komentar:

Posting Komentar