Sabtu, 14 April 2012

A Moment to Remember vs The Notebook

"Behind every great love, is a great story."



Dua-duanya sama-sama film terkenal dan mempunyai jalan cerita yang hampir sama.  Karena itu gue pengen melakukan perbandingan sama kedua film ini.

The Notebook 

Noah (Ryan Gossling) adalah pemuda miskin.  Sedangkan Ally (Rachel McAdams) adalah gadis kaya yang sedang berlibur di desa Noah.   Mereka saling jatuh cinta, tetapi orangtua Ally berusaha memisahkan mereka karena perbedaan kelas sosial.  Tapi... itulah yang terjadi di masa lalu.  Di masa sekarang, Ally yang tua menderita penyakit alzheimer dan tidak mengingat Noah.  Noah tiap hari membacakan sebuah cerita dari notebook  yang berisi kisah cinta mereka sendiri.



A Moment to Remember

Kim Su Jin (Son Ye Jin) adalah seorang designer yang baru putus dengan pacarnya.  Ternyata pacarnya sudah mempunyai istri, karena itu Su Jin dianggap wanita murahan.  Choi Chul Soo (Jung Woo Sung) adalah seorang kuli bangunan.  Kebetulan dia bekerja dengan ayahnya Su Jin.  Chul Soo & Su Jin saling jatuh cinta, tapi mereka tidak diresturi orangtuanya Su Jin karena perbedaan kelas sosial.  Tapi mereka tetap menikah.  Tiba-tiba, Su Jin yang pelupa didiagnosis dokter terkena alzheimer. 



1. Plot Cerita :

Plot cerita dua-duanya hampir sama loh.  Mereka juga diputar di tahun yang sama, 2004.  Secara tanggal, *kalau gak salah* yang diputar duluan itu A Moment to Remember.  Tapi kalau nuduh The Notebook nyontek A Moment to Remember juga salah, karena The Notebook jelas-jelas diadaptasi dari novel berjudul sama.  Kalau novelnya terbit tahun 1996.  Ternyata The Notebook terlambat dirilis karena syutingnya agak lama.  Tahu kan adegan Ally sama Noah ke danau?  Angsa-angsa yang ada di adegan itu harus dilatih selama sebulan supaya ngikutin perahunya, dan ambil adegannya juga pas bulan Januari karena bulan itu alligator sedang hibernasi.

Walaupun begitu gue lebih suka The Notebook karena lebih logis.  Masa baru umur 20-an udah kena alzheimer?  Gue pernah baca orang yang kena alzheimer umurnya sekitar 40 keatas.  Terus kalau The Notebook selain endingnya gak ketebak, dia alurnya maju-mundur.  Gue suka cerita yang alurnya maju-mundur.  Walaupun bagi sebagian orang membingungkan, gue suka aja kalau alurnya begitu.

2. Akting :

Akting semuanya bagus.  Biasanya orang Amerika film romantis kan kurang bisa menunjukkan emosi, tapi Rachel McAdams bagus banget disini.  Gue heran kenapa dia gak dinominasikan Oscar, Academy Award, atau Golden Globe.  Yang gue kecewain lawan mainnya, Ryan Gossling.  Aktingnya masih agak jelek menurut gue, gue srek sama Rachel.

Sebaliknya, A Moment to Remember unggul dalam akting.  Jung Woo Sung & Son Ye Jin chemistrynya bagus banget.  JWS juga pinter banget akting nangisnya.  Son Ye Jin juga gak kalah bagus.  Lihat dari poster matanya aja mereka berdua udah kelihatan banget aktor ekspresif.


3. Soundtrack

Dua-duanya punya soundtrack yang sama-sama bagus.  Soundtracknya sama-sama sedih dan memainkan emosi penonton. Jadi dalam hal ini dua-duanya sama-sama bagus.

4. DLL

DLL maksudnya adalah setting dan cara pengambilan gambar.  Kalau dalam hal setting The Notebook menang.  Tempat syutingnya keren banget, itu loh rumah yang dibikin Noah.   Keren banget!  Desa & danau di film itu juga keren banget, breathtaking!


Kalau dalam pengambil gambar dua-duanya bagus.  Paling keren itu adegan  yang pas di danau.  Kalau A Moment to Remember bagusnya dari cara pengambilan gambarnya adalah, mereka bisa nangkap emosi pemainnya.  Jadi benar-benar terasa emosi para pemainnya.  Pokoknya kita jadi pengen ikutan nangis.

AND THE WINNER IS..........................................................................................................



























THE NOTEBOOK


Film ini menang karena ending yang gak terduga sama plot cerita yang logis.  Maaf ya buat penggemar A Moment to Remember.

P.S : This movie made me love Rachel McAdams.  She kinda reminds of Audrey Hepburn.


And of course, the handsome Ryan Gosling <3


What a perfect chemistry





pic source :
fanpop
drafthouse
wikipedia 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar