Rabu, 14 Maret 2012

Film Romantis Edisi Gue :P

So, gue pengen bikin daftar sendiri tentang 10 film paling romantis.  Nope, bukan edisi on the spot, tapi edisi gue.  Check it out!

1. The Notebook



Kisah cinta dengan ending bittersweet ini memang wajib banget dimasukkan ke dalam daftar film romantis.  Ally (Rachel McAdams) dan Noah (Ryan Gosling) adalah dua orang yang dari beda dunia.  Noah dengan kelas sosial yang rendah, ditambah absensi ibu, sedangkan Ally adalah gadis sempurna yang kaya dan juga hidup bersama orangtua yang lengkap.  Entah bagaimana, mereka berdua bertemu dan tergila-gila dengan satu sama lain.  Hingga perang memisahkan mereka.

Ending film ini dibilang sedih salah, dibilang happy salah.  Yang menyelamatkan film ini adalah ending filmnya, akting para pemainnya, dan tempat syuting filmnya yang emang keren banget.



2. (500) Days of Summer


Film komedi romantis yang sama sekali gak klise!  Tom (Joseph Gordon-Levitt) mempercayai keberadaan cinta sejati.  Sedangkan Summer (Zooey Deschanel) tidak menganggap hubungan romantis adalah hal yang serius.  Dia juga tidak mempercayai cinta sejati.  Bagaimana jika kedua orang ini dipertemukan? Akan terjawab di film ini.

Sama seperti The Notebook, dibilang sedih salah, dibilang happy salah.  Walaupun bukan sad ending berupa akhiran yang tragis, film ini mungkin akan memberikan rasa aneh kepada orang yang menyukai film dengan happy ending.

 

3. Breakfast at Tiffany's


Ini dia! Judul film yang menginspirasi judul blog gue, hehe!  Breakfast at Tiffany's memang film romantis klasik yang wajib ditonton untuk pecinta hollywood.  Memang cerita yang klise menjadi kekurangan film ini, tapi tidak bisa disangkal kecantikan dan bakat akting Audrey Hepburn sama sekali tidak menjadi daya tarik film ini.  Terutama soundtracknya!

Holly Golightly (Audrey Hepburn) adalah pelacur kelas atas yang suka sarapan di toko perhiasan TIFFANY'S.  Dia juga bertemu dengan Paul Varjack (George Peppard) dan jatuh cinta kepadanya, meskipun dia sudah bertunangan.  Holly juga mempunyai kucing yang ia tidak beri nama sehingga ia terpaksa memanggilnya "Cat".  Suatu hari, Holly dituduh melakukan tindak kriminal yang menyebabkan ia putus dengan tunangannya.  Walaupun ia tahu ia dan Paul saling mencintai, tapi ia tetap keras kepala dan berusaha merebut kembali tunangannya.



4. Titanic


Rasanya juga agak keterlaluan tidak memasukkan film ini ke daftar film paling romantis.  Dan ini juga salah satu film favorit gue. Jack Dawson (Leonardo DiCaprio) adalah pria dengan kelas sosial yang rendah.  Sedangkan Rose (Kate Winslet) adalah gadis cantik kaya dan cantik yang akan segera bertunangan.  Tapi Rose tidak pernah bahagia karena dia tidak pernah melakukan apa yang ia mau.  Ketika Rose akan bunuh diri, Jack melihatnya dan segera menyelamatkannya.

Kisah cinta si miskin dan kaya yang klise, tapi justru ini tidak berakhir happy seperti film hollywood lain.



5. Atonement


Bagaimana suatu kebohongan dan kesalahpahaman bisa mengubah kehidupan kita? Simaklah film Atonement.

Briony Tallis (Saoirse Ronan) mempunyai seorang kakak perempuan bernama Cecilia (Keira Knightley).  Cecilia diam-diam jatuh cinta kepada anak pembantu keluarga Tallis, Robbie Turner (James McAvoy).  Namun Briony yang salah paham tentang Robbie, apalagi setelah melihat surat yang dikirim Robbie dan 'adegan' antara Robbie dan Cecilia, mengira Robbie adalah orang yang memperkosa Lola (Juno Temple), padahal Lola tida bisa mengidentifikasi pelakunya.  Setelah itu Robbie dikirim ke penjara, dan hanya Cecilia dan ibunya yang percaya bahwa ia tidak bersalah.

Film ini keren banget, sayang gue belum baca novelnya karena belum berhasil nyari.  Terus yang gue suka film ini adalah adanya twist terus akting pemainnya keren!



6. The Time Traveler's Wife


Ini salah satu film yang gak pernah bosen gue tonton.  Gak tahu kenapa gue suka banget sama film ini.  Sejak kecil, Claire Abshire (Rachel McAdams) bertemu dengan pria aneh bernama Henry DeTamble (Eric Bana) yang mengaku sebagai penjelajah waktu.  Kesendirian Claire kecil hilang dengan kehadiran Henry yang secara random datang ke masa Claire. Sebenarnya Henry masih seumuran dengan Claire, tapi selalu versi dewasanya yang datang ke waktu Claire kecil.  Tahun demi tahun mereka jatuh cinta dan menikah.  Tapi Claire terus mengalami keguguran karena bayinya juga menjelajah waktu.  Ternyata penyakit Harry bisa diturunkan secara genetik.  Bagaimana pasangan ini melewati cobaan?

Film ini bagus banget, walaupun sebagaian orang udah bisa nebak endingnya, gue harus tebak-tebak manggis sedikit sama film ini.  Selain akting pemainnya yang keren, soundtracknya juga bagus-bagus kok.  Malah film ini udah dibuat dari tahun 2009 tapi baru dirilis 2010.  I WANT TO READ THE NOVEL SO BADLY



7.  When Harry met Sally


"Can men and women ever just be friends?" (Apakah cewek dan cowok bisa hanya berteman?) dan ini adalah tema utama When Harry met Sally.  Film ini yang bikin gue suka sama Meg Ryan dan Billy Crystal.
Harry (Billy Crystal) selalu menganggap Sally (Meg Ryan) menarik.  Tapi Sally tidak pernah menginginkan hubungan lebih dari teman.  Pertemuan pertama mereka tidak berjalan lancar.  Beberapa tahun kemudian, Sally dan Harry bertemu lagi.  Sekarang Harry sudah menikah dan Sally sudah mempunyai pacar.  Ketika Harry dan Sally bertemu lagi, Harry sudah bercerai dan Sally sudah putus.  Mereka berdua memutuskan untuk menjadi sahabat.  Yang gue suka dari film ini adalah komedinya dan hubungan antara Sally sama Harry.  Walaupun klise, film ini juga salah satu film favorit gue karena jalan ceritanya gak terlalu corny.  Maksud gw, kalo film romance kan biasanya alurnya cepet, tiba-tiba langsung saling suka.  Kalau ini gak, jadi ada tahapan-tahapannya.  Mulai dari pertemuan pertama, kedua, dst.  Sampe jadi sahabat dan ada perasaan lain.  Jadi, apakah cewek bisa berteman dengan cowok? ;)



8.  The Classic


Sesuai judulnya, film ini emang klasik dan klise.  Tapi yang bikin bagus film ini adalah akting Son Ye Jin dan chemistrynya dengan Jo In Sung dan Jo Seung Woo.  Mau liat sinopsis lengkapnya klik sini.html aja ya, gue males bikin sinopsisnya, hehe *WOOO*



9. Ada Apa Dengan Cinta?


Hmm, pasti banyak yang mikir gue alay deh -__-"
Tapi kenapa, gue gak malu kok, itu kan film Indonesia terbaik yang pernah ditayangkan, kecuali film bokep pocong, kuntilanak, gue baru malu.
Dan.... gak perlu lah gue ceritain, males tau :p
Gue rasa dengan tema remaja, persahabatan, dan cinta ini udah agak umum, dan MUNGKIN, ada sedikit copas, but I don't care.  Aktingnya juga keren banget dan tipe soundtracknya emang lagi in untuk jaman segitu.  Sebenarnya gue suka tipe drama persahabatan cinta gini, tapi sayang orang Indonesia lebih suka bokep.  Tapi, kalo ada film kayak gitu mungkin kelihatannya udah gak terlalu mutu karena genre film kayak gitu udah banyak banget. 

10. Jerry Maguire


Pecinta film mana sih yang belum pernah nonton film ini?  Film ini sampe dinominasikan ke dalam 100 film terbaik Amerika.  Emang gue suka film ini sampe beratus kali nonton juga gak bosen.  Jerry Maguire (Tom Cruise) adalah agen olahraga yang lebih mementingkan uang daripada pemainnya.  Sampe suatu hari, Jerry bikin memo dan mengakatakan bahwa akan lebih baik jika para agen lebih mementingkan hubungan personal terhadap klien daripada pendapatan.  Memo itulah yang membuat Jerry kehilangan semua kliennya [kecuali Rod Tidwell (Cuba Gooding, jr.)] dan tunangannya.  Jerry berhenti dari perusahaannya ditemani Dorothy Boyd (Renee Zellweger) seorang single mother yang pernah dibantu Jerry.  Kedekatan membuat mereka saling jatuh cinta dan menikah.  Tapi benerkah ceritanya berakhir disitu?
Jerry Maguire emang agak corny sih karena rada cepat alurnya, tapi yang bikin gue nonton film ini berulang kali karena liat Tom Cruise yang masih muda *hehe* dan komedinya.  Akting Jonathan Lipnicki (Ray Boyd, anaknya Dorothy) juga lucu banget.



11. Never let me go


Kathy (Carey Mulligan), Tommy (Andrew Garfield), dan Ruth (Keira Knightley) sudah lama bersahabat.  Mereka adalah mantan murid Hailsham, yang terletak di sebuah desa di Inggris.  Kathy yang sudah lama menaruh hati pada Tommy, harus bersabar karena Tommy memilih Ruth daripada Kathy.  Ketika mereka sudah dewasa, mereka harus segera mendonorkan organ-organ mereka.  Mereka bisa mendapat waktu lebih jika bisa membuktikkan bahwa mereka mempunyai cinta sejati.

Sinematografi indah dari Adam Kimmel patut dipuji, begitu pula score dari Rachel Portman dan akting dari Mulligan, Garfield, dan Knightley!  Tidak hanya itu, meskipun ada beberapa hal dari film ini yang agak kosong, menurut gue ceritanya keren kok!  Novelnya, yang ditulis oleh Kazuo Ishiguro dan berjudul semua, masuk sebagai novel berbahasa Inggris terbaik edisi majalah Time.



12. 10 things I hate about you


Film ini sebenarnya diadaptasi dari salah satu karya Shakspeare, filmnya simpel sih, tapi lumayan romantis dan kocak.  Kat Stafford (Julia Stiles) boleh dibilang adalah seorang feminis yang galak dan sangat menentang pacaran. Cameron James (Joseph Gordon-Levitt) sangat menyukai adik Kat, Bianca (Larissa Oleynik).  Sayangnya, Bianca tidak bisa pacaran dengan siapapun jika Kat tidak pacaran.  Untuk itu, Cameron meminta bantuan Patrick Verona (Heath Ledger) untuk memacari Kat.


13. Annie Hall


Alvy Singer (Woody Allen) mulai beranda-andai mengapa hubungannya dengan Annie Hall (Diane Keaton) berakhir.  Maka Alvy melihat kebelakang hidupnya, mulai dari masa kecilnya, hubungannya dengan wanita sebelum Annie, pertemuan pertamanya dengan Annie, hubungannya dengan Annie, dan perpisahannya dengan Annie.

Film ini juga film romantis yang paling realistis!  Gue juga curiga (500) days of summer ngikutin film ini.. Film ini jarang meng-close up pemainnya.  Adegan demi adegan juga gak terlalu menjijikan, kayak pertemuan Annie & Alvy yang pertama kali, tapi digambarkan canggung, tidak seperti kebanyakan film yang langsung benci atau naksir.  Dan juga bagaimana Annie & Alvy mengungkap perasaan mereka dengan tidak lebay, bahkan waktu mereka putus, juga gak lebay kok...



14. Sleepless in Seattle


Annie (Meg Ryan) baru saja bertunangan dengan pacarnya.  Sam Baldwin (Tom Hanks) ingin membangun hidup baru di Seattle sejak istrinya meninggal.  Jonah, yang ingin ayahnya untuk segera mencari istri baru, membuat ayahnya untuk berbicara di sebuah radio, dengan panggilan Sleepless in Seattle.  Ajaibnya, Annie yang saat itu sedang mengendarai mobil, mendengar cerita Sam dan terharu.  Sam segera mendapat perhatian dari kalangan wanita, bahkan menerima banyak surat, tak terkeucali dari Annie, yang saat penasaran dengan Sam.  Saat Jonah membaca surat Annie, Jonah yakin ayahnya ditakdirkan untuk Annie.
Gue suka film ini, tapi menurut gue ini bukan film yang amazing.  Gue masukin nih film karena emang filmnya romantis, hehe.


15. Sense and Sensibility

Sejak Mr. Dashwood mati, Mrs. Dashwood dan ketiga puterinya, Elinor (Emma Thompson), Marianne (Kate Winsley) dan Margaret harus pergi dari rumahnya, karena rumah mereka jatuh ke tangan John, putera Mr. Dashwood dari pernikahannya yang pertama.  John terpaksa mengusir mereka, karena istrinya, Fanny, sangat serakah.  Fanny mempunyai adik bernama Edward Ferrars (Hugh Grant) yang tampaknya sangat menyukai Elinor.  Tapi Elinor menekan perasaannya.
Di daerah itu, mereka bertemu dengan John Wiloughby (Greg Wise).  John dan Marianne dengan terang-terangan memperlihatkan kemesraan mereka.  Tidak mengetahui jika Colonel Brandon (Alan Rickman) menaruh hati pada Marianne.

Gue sebenarnya lebih suka Pride & Prejudice karena pesan feminisnya lebih kental, tapi bukan berarti film ini gak punya pesan feminis.  Gue suka banget bagaimana cara Elinor memakai otak dibandingkan perasaan dan bagaimana caranya ia mendapat kehormatan walaupun dari kalangan miskin.


16. Love Actually
Ini dia salah satu film komedi romantis yang iconic banget.  Gue males nyeritannya, karena udah agak lama nontonnya.

Pokoknya, film ini mengeksplorasi berbagai hubungan.  Mulai dari hubungan beda bahasa, cinta bertepok sebelah tangan, sampe perselingkuhan.  Pokoknya bagus deh.


17. Lisence to wed
Sadie (Mandy Moore) dan Ben (John Krainski) akan segera menikah.  Sadie, sebagai seorang penganut Katolik yang taat, mendaftarkan diri mereka ke kursus pernikahan pendeta Frank (Robin Williams).  Dari kursus itulah Sadie dan Ben lebih mengenal diri mereka masing-masing.

It's quite bad actually, but quite enjoyable too.  Tapi yang gue suka dari film ini adalah, film ini berpesan agar kita tidak terburu-buru untuk menikah dan lebih mengenal pasangan.


18. Crazy little thing called love
Nam (Pimchanok Luveisadpaibul) naksir kakak kelasnya, yaitu Shone (Mario Maurer).  Akhirnya ia berusaha merubah dirinya agar Shone jatuh cinta padanya.

Hmm......ceritanya terlalu simpel sih.........malah endingnya too good to be true, tapi yah, film ini romantis.................jadi gue masukin deh, wkwk .---.


19. The King and I
 Anna (Deborah Kerr) adalah seorang guru dari Wales yang dikirim ke Thailand untuk mengajar istri-istri dan anak-anak Raja Thailand (Yul Brynner).  Mereka sering berantem, karena menurut sang raja, Anna adalah wanita yang ribet, sedangkan Anna berpendapat sang raja sering berlaku tidak sopan.  Walaupun begitu, mereka akhirnya bersatu untuk mendatangkan pihak Inggris ke Thailand.


20.My Sassy Girl
Udah ah, gue males ceritainnya!  Gue yakin kok udah banyak yang nonton nih film :p




N.B : Film ini gak gue urutkan, gue acak kok milih filmnya, jadi jangan tersinggung kalo film favorit kalian ada di bagian akhir-akhir ^^

2 komentar:

  1. Tulisannya bagus. Two tumbs up!

    BalasHapus
  2. yang paling keren apa ya min?

    btw makasih banyak referensinya.. jika berkenan kunjungi Blog ane jg ya ^_^ di http://www.yat95.net

    BalasHapus